Tips meredakan nyeri saat menstruasi

TIPS MENGATASI NYERI SAAT MENSTRUASI






A.    BERAKTIVITAS FISIK

Mau share sedikit tentang kesehatan nih. Kalo pengen sehat jangan lupa dibaca yaa ..
Banyak perempuan yang mengalami PMS (pre-menstrual syndrome) beberapa waktu menjelang siklus menstruasinya. Keluhan yang sering terjadi adalah keram perut, nyeri perut bagian bawah, pinggang dan pegal di seluruh tubuh.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan tersebut, mulai dari mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu pedas dan menghindari minuman dingin bersoda, hingga meminum obat-obatan tradisional dan modern.
Akan tetapi, biasanya keluhan ini tetap muncul karena kelelahan dan stress. Oleh karena itu, ada salah satu cara yang dapat dilakukan setiap kali PMS ata saat menstruasi tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Cara nya adalah olahraga, tepatnya Yoga.
Nah Yoga yang satu ini seperti pada gambar diatas dijelaskan bahwa dapat membantu meringankan rasa ketidaknyamanan saat haid yang sangat efektif bagi tubuh mu. Melakukan latihan yoga ini secara rutin dapat membantu melancarkan siklus haid, dan merilekskan tubuh.



  B.MENGOMPRES PERUT

Kompres bagian perut harus dilakukan dengan rutin untuk mengatasi rasa nyeri yang mengganggu kamu. Terdapat dua jenis kompres yang sering dilakukan untuk mengatasi gangguan nyeri ini. Jenis yang pertama adalah kompres perut dengan air hangat, letakan botolnberisi air hangat atau handuk yang direndam dalam air hangat di bagian bawah perut kamu.
Diamkan beberapa saat sambil memijatnya sesekali. Jika panasnya sudah berkurang, maka kamu dapat mengulanginya beberapa kali .Panas yang dihasilkan akan membantu merelaksasikan otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit.



       C.    MINUM TEH
  Nyeri haid atau disebut juga dismenore merupakan rasa sakit yang jadi langganan wanita setiap kali mentruasi. Kamu mungkin biasan ya mengatasi rasa sakit akibat mentruasi pakai obat pereda nyeri, Namun sebelum terburu-buru meminum obat, kamu dapat mencoba tips berikut yaitu dengan meminum Teh Chamomile.
Manfaat Chamomile bagi kaum perempuan, pertama kali dippastikan oleh para peneliti dari imperial College London di inggris pada tahun 2007.
Hasil penelitian yang dilansir oleh Journal of Agrucultural and Food Chemistry edisi Desember 2007 itu menyatakan bahwa bunga Chamomile yang dicampurkan kedalam seduhan teh, ampuh menyembuhkan kram perut saat mentruasi.
Meminum teh chamimile dapat menaikan level hippurate yang signifikan. Hippurate merupakan suatu senyawa dalam tubuh yang berperan sebagai antiinflamasi alami. Antiinflamasi ini dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin serta mengurangi seri haid.

        D.   HINDARI MINUMAN BERSODA

Hindari meminum minuman yang bersoda saat menstruasi, karena didalam minuman yang bersoda mengandung air berkabonasi, kafein, dan gula yang cukup tinggi yaitu mencapai 10gram/100ml, dan kalori yang terkandung cukup tinggi tetapi rendah nutrisi.
Jika sering mengkonsumsi minuman bersoda saat mentruasi dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi dan berdampak buruk lainya seperti meningkatnya kecemasan, menyebabakan kram perut yang semakin parah, dan nyeri payudara saat menstruasi.
Kamu dapat menggantikan kebiasaan meminum minuman bersoda dengan meminum air puti dan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Komentar

Postingan Populer